MATA KULIAH WAJIB DI FAKULTAS HUKUM

NIH, MATA KULIAH WAJIB KALO KAMU MASUK FAKULTAS HUKUM

4 menit

Hai kamuh. Iyaah, kamu!! Selamat jadi mahasiswa baru Fakultas Hukum ya. Selamat memasuki dunia baru. Gak usah kaget dengan sistem belajar ala-ala bangku kuliahan. Buat kamu-kamu yang memilih fakultas hukum sebagai jalan ninja untuk meraih kesuksesan, maka kamu harus siap menaklukkan setidaknya 144 jam kredit. Tenang ini bukan kredit uang, tapi bagian dari satuan kredit semester (SKS).

Serunya kalo udah jadi mahasiswa, kita itu bisa milih-milih sendiri mata kuliah dan jam kuliah yang mau kita ambil. Bahkan kalo di kampusku, aku juga bisa milih dosen yang mengampu mata kuliah tertentu. Bagian paling seru pada saat mengisi kartu rencana studi (KRS), kita wajib banget jago milih-milih jam kuliah biar gak bentrok alias tabrakan.

Oh ya, tapi kayanya keseruan memilih mata kuliah gak bakal kamu dapetin di semester pertama, karena umumnya KRS mahasiswa baru di semester satu sudah dipaket-paketin gitu. Paket SKS dan mata kuliah mahasiswa baru di fakultas hukum gak selalu sama sih, ada yang 20, 21 atau 22 SKS, tergantung ketentuan fakultasnya. Ya bedanya tipis-tipis lah, yang jelas nih, mata kuliah dasar biasanya termasuk dalam paket SKS untuk mahasiswa baru di semester pertama.

Kamu yang kuliah di Fakultas Hukum, hayooo, kira-kira apa aja ya mata kuliah yang bakal kamu pelajari di semester pertama. Cek cek yuks, sama gak ya dengan prediksi aku.

Pancasila

Yappp, kamu pasti udah gak asing dong dengan Pancasila. Nah, meskipun kamu sudah jadi maha-nya siswa, alias siswa yang paling tinggi tingkatannya, kamu tetep wajib banget belajar tentang Pancasila, karena Pancasila adalah dasar negara dan ideologi Indonesia. 

BACA JUGA: KISAH DARI MAHASISWA FH UAJY

Di mata kuliah Pancasila, kamu bakal mengingat-ingat kembali pelajaran tentang nilai-nilai Pancasila, lebih dalam lagi kamu akan belajar filsafat Pancasila, pokoknya all about Pancasila dan UUD 1945. Btw, karena kamu udah gak asing dengan materi seputar Pancasila, maka harusnya kamu bisa dengan mudah dapat nilai A. Ya kan?   

Kewarganegaraan

Dalam mata kuliah kewarganegaraan, kamu akan diajarkan materi tentang tujuan pendidikan kewarganegaraan, lalu hak dan kewajiban kamu sebagai warganegara, lalu belajar tentang demokrasi dan konstitusi. Wes, pokoknya jiwa nasionalisme akan terpanggil ketika kamu mendalami mata kuliah yang satu ini.

Bahasa Inggris

Nah, mata kuliah Bahasa Inggris juga harusnya gak asing lagi buat kamu. Mata kuliah  Bahasa Inggris ini, akan ada lanjutannya gitu. Kalo kamu lulus mata kuliah Bahasa Inggris dasar, maka semester selanjutnya kamu bisa mengambil mata kuliah Bahasa Inggris Hukum. Seingetku sih, walaupun materinya gak susah-susah banget, tapi nilai Bahasa Inggrisku dapat C, hahahahaa. Pelajarannya masih seputar tenses dan Bahasa Inggris yang umum-umum gitu. Kalo kamu tanya kenapa aku dapat nilai C, jawabannya karena aku sering mbolos kuliah. *Jangan ditiru.

Pendidikan Agama

Mata kuliah Pendidikan Agama itu kayanya di masing-masing kampus beda ya. Kalo di kampus yang basicnya Agama Islam seperti UIN, UII, Universitas Muhammadiyah, maka dapatnya mata kuliah Pendidikan Agama Islam. Nah, kalo di kampus aku dulu (ini dulu loh ya), karena kampus kami terdiri dari bermacam-macam agama, maka kami dapat mata kuliah Pendidikan Agama secara umum. Nah, pas belajar di kelas, kami akan share seputar agama kami masing-masing, disanalah kami belajar tentang keragaman dan toleransi.

BACA JUGA: PANDUAN SUKSES JADI MAHASISWA FAKULTAS HUKUM

Di beberapa kampus, mata kuliah Pendidikan Agama ada juga yang dibagi perkelas sesuai agama masing-masing. Jadi ada kelas Pendidikan Agama Islam, kelas Pendidikan Agama Kristen-Prostestan, Kelas Pendidikan Agama Katolik, Kelas Pendidikan Agama Hindu, Kelas Pendidikan Agama Budha dan Kelas Pendidikan Agama Kong Hu Chu. 

Pengantar Ilmu Hukum (PIH)

Selanjutnya ada mata kuliah Pengantar Ilmu Hukum (PIH). Di mata kuliah ini kamu bakal belajar tentang dasar-dasarnya hukum. Belajar basicnya ilmu hukum, mulai dari pengertian, ruang lingkup, objek, kewajiban, fungsi, sistem, asas, klasifikasi dan sumber hukum. Ciyuss, ni mata kuliah padet banget ilmunya. Kamu bakal banyak dapat ilmu seputar hukum yang paling dasar. Kamu kudu wajib banget dapet nilai bagus, karena  PIH ini adalah mata kuliah prasyarat. 

Pengantar Hukum Indonesia (PHI)

Nah, selanjutnya gak kalah crowded dengan mata kuliah Pengantar Ilmu Hukum, di semester pertama, kamu juga bakal dapat mata kuliah Pengantar Hukum Indonesia (PHI). Di mata kuliah ini, kamu bakal belajar tentang seputar tata hukum di Indonesia. Mata kuliah ini juga membahas tentang sumber-sumber hukum, sejarah perkembangan hukum di Indonesia, perbedaan lapangan hukum di Indonesia, aneka bidang hukum. Lah, banyak banget pokoknya. Btw, kalo kamu bisa menaklukkan mata kuliah ini, dijamin kuliah kamu berlangkah-langkah lebih mudah. Oh ya, kamu harus banget lulus mata kuliah ini ya gaesss, karena mata kuliah PHI ini adalah mata kuliah prasyarat juga.

Ilmu Negara

Last one, salah satu mata kuliah yang menurut aku sulit adalah mata kuliah Ilmu Negara. Kenapa sulit? Karena mahasiswa akan membahas negara dalam pengertian abstrak. Kalian akan belajar tentang asal mula, hakikat, tujuan, kekuasaan, sistem pemerintahan, dan hal lainnya seputar tentang keberadaan negara. Wah, beratlah pembahasannya. Mata kuliah ini juga wajib banget ditaklukkan karena ini mata kuliah prasyarat.

BACA JUGA: 4 ALASAN MAHASISWA ENGGAN MEMILIH KONSENTRASI HTN

Nah, ini sedikit tips dari kakak yang manis ini, kalo kalian pengen kuliahnya lancar dan cepat lulus, maka kalian kudu wajib dan harus banget dapat nilai bagus untuk semua mata kuliah, terutama mata kuliah prasyarat. Kalo kamu gak lulus mata kuliah prasyarat, maka kamu gak akan pernah bisa ngambil mata kuliah lanjutannya. Misalnya nih, kamu baru bisa ngambil mata kuliah Hukum Tata Negara, kalo sudah lulus mata kuliah Tata Negara. Contoh lainnya, kamu baru bisa ngambil mata kuliah Bahasa Inggris Hukum kalo kamu uda lulus mata kuliah Bahasa Inggris dasar. Gitulah kira-kira.

Sebenernya masih ada lagi mata kuliah lain yang mungkin banget kamu dapetin di semester pertama, tergantung kebijakan dari masing-masing fakultas untuk memberikan paket SKS di semester pertama.

Poinnya sih, mumpung baru semester pertama, ayo fokus dan pahami mata kuliah yang kamu ambil. Jangan males, karena meskipun kamu udah gak asing dengan mata kuliah seperti Pancasila, Bahasa Inggris, atau Kewarganegaraan, tapi kalo sering mbolos maka kamu berpotensi gak lulus di mata kuliah tersebut. So, semangat ya menyambut dunia baru. Gudlak gaes.  

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!