curkum pinjaman online

CURKUM #2 DITEROR PINJOL

  • 71
    Shares

Kang Yono curkuuummm dooonkk, temen gue pernah download tuh aplikasi pinjol, isi biodata doang. Uang ga nyampe, tapi bulan depan dia ditagih sama descol, sampe semua contact yang ada di Hp dia disebarin fitnah utang. Nah pertanyaan gue, itu bisa masuk pencemaran nama baik dan peretasan ga tuh kang, #curkum ya ?

Jawaban selengkapnya :

Wadawwww, mesakke banget temenmu itu nak. Butuh duit berapa sih? Sini sama kang Yono aja. Jadi gini gaes, tentang pinjol sebenernya udah pernah dibahas sebelumnya di artikel klikhukum.id yang berjudul “MISTERI PINJOL ILEGAL” nah jadi monggo dibaca dan disimak dengan bahagia yah. Btw temenmu tadi cewek ato cowok sih? Hehehe.

Tapi ada yang menarik nih dari pertanyaan ini, pointnya temenmu belum mendapatkan uang, dan dia baru mengisi biodata aja, tp bulan depannya udah ditagih suruh bayar utang.Waaa jadi blereng yoo gaes. Uang gak sampe tapi doi malah ditagih descol, sampe semua kontaknya dihubungi dan doi jadi malu. Ohh My God .. Oh My God .. nama baiknya jadi tercemar. Hmmmm mesakke banget gaes. Ini namanya udah jatuh tertimpa tangga dan ketumplekkan ember cat sak isine gaess.

Jadi biar tambah jelas dan gak blereng, Kang Yono mau jelaskan dulu tentang descol. Ntah ini  typo atau Kang Yono yang ga gaul, tapi menurut perkiraan Kang Yono, yang dimaksud dengan descol dalam pertanyaan ini adalah Debt Collector Online ya kan??

DC mengontak semua kontak di Hp temenmu untuk menagih hutang padahal uangnya belum diterima oleh temenmu itu. Wahhh ga bener nih. Itu fitnaaahhhhh. Wajar banget temenmu merasa nama baiknya tercemar.

Dalam hal ini dugaan Kang Yono, perusahaan pinjol tersebut bisa dilaporin dengan dugaan telah melakukan tindak pidana sebagaimana diatur Pasal 27 Ayat (3) UU ITE No. 11 Tahun 2008 yang berbunyi:

“Melarang setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik”

Sedangkan sanksi pidananya diatur dalam Pasal 45 Ayat (1) UU ITE No. 11 Tahun 2008 yang berbunyi:

“Setiap orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam pasal 27 Ayat (1), Ayat (2), Ayat (3), Ayat (4) dipidana penjara paling lama 6(enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp. 1.000.000.000,00 (satu milyar rupiah)”

Jadi gaes untuk menentukan apakah perbuatan pencemaran nama baik melalui ITE tersebut terpenuhi apa tidak, itu bukan tugas Kang Yono yaaaa, tapi kita serahkan kepada bapak/ibu Penyidik Kepolisian di Bidang Kriminal Khusus lebih spesifiknya di Unit Cyber. Nah biar loe pade kagak kebingungan cara membuat laporan polisi, yuks silahkan baca yah artikel klikhukum.id yang berjudul “LIKA-LIKU LAPORAN POLISI.

Berikutnya karena penanya bingung soal peretasan, menurut Kang Yono, informasi yang dimiliki oleh pinjol terkait kontak orang-orang terdekat teman penanya tidak masuk peretasan ya, soalnya kan doi mendownload aplikasi itu secara sadar dilanjut mengisi biodata dalam aplikasi tersebut juga secara sadar, sehingga perbuatan melawan hukum dalam peretasan sulit dibuktikan.

Mulaknya gaess, sebelum mengunduh dan menggunakan aplikasi pinjol ada baiknya dilakukan cek and ricek terhadap aplikasi bersangkutan dengan cara cek nama perusahaan pinjol tersebut di ojk.go.id dan klik daftar fintech terdaftar di OJK.

Btw makasih yah atas pertanyaannya, ini jawaban gue— Kang Yono, selanjutnye loe baca yaakkk. Jangan diem-diem baee, udah ngopi belon??


  • 71
    Shares