5 REKOMENDASI HOBI YANG COCOK BUAT LAWYER

Dengan rutinitasnya yang spaneng, mulai dari debat di ruang sidang, membuat berkas perkara, mereview dan menyusun dokumen hukum serta deretan kesibukan lainnya, nampaknya untuk menjaga keseimbangan jiwa dan raga, seorang lawyer perlu memilih hobi yang cocok supaya kesehatan jiwanya tidak mudah pedot. 

Hobi merupakan kegiatan yang harus menyenangkan dan dikerjakan untuk menenangkan dan menentramkan pikiran seseorang. Dan idealnya setiap orang harus punya hobi, entah sekedar menjemur burung pada pagi hari sembari menikmati secangkir kopi, itu sudah dapat dikatakan hobi. 

Begitu juga bagi lawyer, yang notabene merupakan salah satu profesi dengan tingkat stres tinggi. Jadi sudah menjadi kewajiban untuk menyeimbangkan tingkat stres diselingi dengan hobi atau aktivitas yang menyenangkan. 

Bagi aku pribadi, hobi itu sangat penting. Minimal ketika menjalankan hobi kita lupa sejenak tentang beban pekerjaan yang membuat botak kepala. Pilihan hobi yang kerap aku lakukan untuk sekarang adalah motoran dan hunting ke pasar-pasar loak mencari atau sekedar melihat barang antik atau vintage. 

Selain hobi yang aku pilih, sebenarnya masih ada beberapa hobi lainnya yang coba aku riset dari beberapa artikel luar dan dalam negeri yang sudah dimodifikasi berdasarkan pengalaman berkecimpung di dunia lawyer. Adapun pilihan hobi yang cocok buat lawyer kayak berikut ini. 

BACA JUGA: TIPS UNTUK KALIAN YANG HOBI BELANJA ONLINE TAPI TAKUT KENA TIPU

Pertama, Tirakat / Meditasi 

Seorang lawyer perlu menghadirkan kesimbangan jiwa dalam dirinya dari beban kerja yang sangat dahsyat. Salah satu pilihannya yaitu dengan tirakat atau istilah modernnya meditasi. 

Dilansir dari website kementerian kesehatan, meditasi dalam segi medis sangat bermanfaat untuk mental health. Contohnya untuk meningkatkan konsentrasi, relaksasi, menurunkan stres, menenangkan pikiran dan masih banyak lagi. 

Caranya pun sangat beragam, jika mau memilih dengan cara tradisional bisa dengan olah nafas dan berpuasa yang sangat beragam jenis puasanya. 

Adapun cara modern melalui meditasi dapat dipilih seperti yoga, tai chi dan qi gong. Hobi meditasi bisa jadi pilihan lawyer karena selain murah, manfaatnya juga sangat besar terutama bagi lawyer yang sepi job, supaya tetap sabar menunggu panggilan tugas mulianya. 

Kedua, Olahraga 

Setelah hobi pertama fungsinya menjaga mental health, hobi yang kedua bermanfaat untuk menjaga kesehatan ragawi dengan berolahraga.  

Dengan melakukan aktivitas olahraga secara otomatis fisik akan diolah, kalori tubuh banyak yang keluar, endorphin pun bisa terlepas. Selain menyehatkan olahraga juga bisa melepaskan stres. 

Secara pilihan jenis olahraga itu sangat beragam, bisa berlari, angkat beban, renang, badminton, tenis, golf, basket, naik gunung, bersepeda dan masih banyak lainnya. Tinggal dipilih sesuai dengan budget dan kondisi saldo rekening kamu. 

BACA JUGA: 5 CARA SURVIVE BAGI LAWYER JUNIOR

Ketiga, Memasak 

Menurut artikel destinationcles.com memasak adalah alternatif hobi yang bisa dilakukan seorang lawyer, dengan manfaatnya yaitu menghilangkan stres, meningkatkan ketelitian dan menguji kesabaran. 

Setelah aku cermati lebih lanjut, ternyata benar juga, bahwa memasak bisa menghilangkan stres ketika dilakukan dengan cinta untuk menghasilkan cita rasa yang lezat dan goalnya adalah kepuasan. Selain itu memasak juga meningkatkan ketelitian karena diuji secara langsung melalui teknik pengolahan beragam bahan serta takaran bumbu, yang jika nggak teliti dipastikan hasilnya bisa keasinan atau hambar. 

Poin lainnya memasak juga melatih kesabaran. Dengan dalil seperti merebus daging dengan waktu khusus supaya hasilnya matang dan sempurna dan secara fakta membutuhkan waktu untuk menunggu. 

Mungkin inilah jawaban Mas Daru Supriyono Punk Rock Lawyer idolaku kenapa doi hobi memasak dengan taglinenya #masakataumati. 

Keempat, Mancing 

Buat lawyer yang telaten dan suka dengan nuansa alam, hobi mancing bisa dipilih untuk meluangkan waktu dan mencari kesenangan di sela-sela kesibukan kerja. Secara penelitian manfaat hobi ini melatih kesabaran, relaksasi di luar ruangan, melatih daya tahan tubuh dari terik panas matahari ataupun hembusan angin malam. 

BACA JUGA: BOLEH HOBI MOTOR, TAPI JANGAN RUSAK TELINGAKU

Mancing juga tergolong hobi yang murah, kecuali mancingnya di tengah laut sembari menyewa kapal speed boat baru dibilang budgetnya lumayan. Tapi kalo sekedar mancing di sungai atau empang itu sangat worth it dan patut dicoba. 

Kelima, Ziarah Kubur 

“Lah, serem amat pilihan hobinya. Masa iya, ziarah kubur itu hobi, bukannya itu musyrik yah?” Eh, sabar dulu pren, konsep ziarah ternyata bukan hanya dimiliki umat muslim, faktanya agama lain pun mengenal ritual ini. 

Aku memasukkan ziarah juga dapat dijadikan hobi oleh lawyer karena manfaatnya untuk mendekatkan diri kepada Gusti, mengingat kematian, bahan refleksi dan introspeksi diri serta meningkatkan praktek spiritualitas untuk pelakunya. 

Selain itu ziarah juga bisa berfungsi sebagai metode belajar sejarah kepada tokoh yang diziarahi, minimal kita bisa meneladani jasa-jasa hidupnya sewaktu hidup dan ini sangat bermanfaat untuk bekal kemudian. 

Jadi itulah pren, pilihan hobi yang bisa dilakukan seorang lawyer demi menjaga mental health. Dari lima hobi yang aku sajikan pada prinsipnya ramah di kantong khususnya bagi rekan-rekan lawyer yang masih merintis. 

Mohsen Klasik
Mohsen Klasik
El Presidente

MEDSOS

ARTIKEL TERKAIT

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

DARI KATEGORI

Klikhukum.id