Desember dimana vibesnya udah liburan banget, tapi untuk beberapa manusia kantoran seperti saya, pekerjaan tumpah ruah di bulan ini. Saya rasa Desember dan hectic merupakan kerabat dekat, seperti dua biji yang tak dapat dipisahkan.
Tapi di sisi lain saya merasa iri, kadang timbul rasa dengki melihat temen-temen yang kerja di kantor sebelah sudah pada goes to Bali, ke pantai Pacitan, nyelow di Gunung Bromo dan ada beberapa yang ngechill di kosan sambil main PS.
Namun alih-alih pusing dengan drama-drama gini, saya akan bagikan cara bagaimana dengan mudahnya mengambil hak cuti. So, ini dia tips and trick dari pekerja kantoran yang sudah tergolong tua senior, untuk kamu yang masih adek-adek kantoran. Tips ini boleh dicoba.
Pertama! Cek kembali kontrak kerja kamu, bagaimana cuti diatur di situ. Umumnya di Indonesia, aturan cuti diatur dalam Undang-undang Ketenagakerjaan No. 13 Tahun 2003, Di Pasal 79, dijelaskan bahwa setiap karyawan berhak mendapatkan cuti tahunan selama 12 hari kerja setelah bekerja selama 12 bulan. Ini berlaku kalau kamu adalah karyawan.
Kalau freelancer ya, embuh.
BACA JUGA: REKOMENDASI BUAT KALIAN YANG MAU NGAMBIL CUTI TAHUNAN
Kedua! Rangkai alasan kenapa kita harus cuti. Misal mau liburan, ada urusan keluarga, jenguk Agus atau sekedar mau me time. Alasannya wajib ain masuk akal dan bisa dinalar.
Inget, jangan sampai alasannya bikin atasan kamu jadi meradang!
Ketiga! Buka kalender dan cek dulu jadwal kerja kamu, pastikan project kantor yang jadi tanggung jawabmu sudah kelar atau bisa dijeda, kalau bisa dialihkan ke anak magang dan wajib untuk deadline sudah harus tuntas. Kalau belum ya, kamu harus siap cuti bawa laptop. Nggak asik banget kan. Tapi mau gimana lagi, itu dah jadi konsekuensi. Lah, kan deadline belum kelar cuy.
Keempat! Bikin surat cuti, ini emang jadi bagian yang sering bikin orang males. Tapi daripada kerja terus, lebih males lagi kan yak. Surat cuti itu bikinnya gampang banget, kamu bisa bikin pake chat gpt dengan masukin alasan “Kenapa kamu cuti?” dalem promptnya. Sambil ngulet sebentar secara instan sudah jadi. Tinggal print, trus tanda tangan.
BACA JUGA: 5 MACAM CUTI YANG WAJIB KAMU TAU
Terakhir! Sebelum ngasih suratnya, pastikan dulu mood atasan kamu dalam keadaan baik.
Kan ada tuh, atasan yang hobinya marah-marah, ngomel mulu. Nah, ini triknya. Coba pas habis jam makan siang, biasanya orang kalau habis makan siang tuh, males ngomel-ngomel. Ya, jelas lah, kan lagi kenyang. Brave your self! Biasanya akan dihujani pertanyaan-pertanyaan yang menegangkan. So, belajar dari pengalaman, kalau saya biasanya basa basi dulu. Ya, ketawa karir tipis-tipislah, biar brijingnya itu enak. Semakin mood doi baik, semakin besar kesempatan buat dapet cuti.
Ini dia sedikit tips and trik buat dapetin hak cuti kamu. Inget ya, cuy, cuti itu adalah hak kita. Jadi pas ngajuin itu yang pede, jangan lemes klemar klemer, apalagi grogi. Nggak banget!
Selamat mencoba, selamat berlibur dan selamat hibernasi.