BISNIS WARALABA LEBIH MENJANJIKAN DARIPADA RAYUAN MANIS PACAR

Peluang bisnis waralaba faktanya lebih menjanjikan daripada rayuan manis pacar, yang berjanji ngajak nikah tapi gak jelas kepastiannya. Buktinya para generasi sandwich sekarang lebih suka berburu waralaba yang murah dan menghasilkan cuan daripada meladeni drama percintaan.

Bagi kamu penganut paham money oriented dengan tujuan mulia mengurangi angka pengangguran masyarakat dan menggapai financial freedom sebelum umur senja datang. Artikel ini sangat cocok untuk kalian baca dan simak sampai habis.

Di sini saya akan membahas tentang peluang bisnis waralaba yang terbukti bisa mendatangkan cuan, walaupun basically kamu tidak punya pengalaman bisnis.

Apa itu bisnis waralaba?

Pertama saya akan jelaskan pengertian waralaba dari aturan hukum. Secara kaidah hukum, waralaba adalah: 

“Hak yang dimiliki oleh seseorang atau badan usaha terhadap sistem bisnis dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang dan/atau jasa yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan dan/atau digunakan oleh pihak lain berdasarkan perjanjian waralaba.” 

Begitulah pengertian waralaba dalam Peraturan Pemerintah No. 42 Tahun 2007 tentang Waralaba.

Penjelasan sederhana dari peluang bisnis waralaba yaitu, sistem bisnis yang bersifat original dan memiliki ciri tertentu yang dimiliki oleh seseorang atau badan usaha dan sistem bisnis tersebut telah terbukti berhasil serta dapat dimanfaatkan oleh pihak lain berdasarkan perjanjian.

BACA JUGA: BISNIS PARKIR TIDAK SESIMPLE YANG DIPERKIRAKAN

Dari sini sudah jelas tentang pengertian waralaba, apalagi secara hukum konsep usaha ini telah ada legalitasnya.

Itulah makanya di awal saya bilang peluang bisnis waralaba sangat cocok dilakukan oleh kamu yang literally tidak memiliki basic pengetahuan bisnis.

Kamu tinggal mengikuti rule bisnis yang ada. Semua sudah dibuat oleh pemegang hak sistem bisnis tersebut. Selanjutnya setelah kamu join melalui perjanjian waralaba, maka secara sah kamu bisa menggunakan skema bisnis dan printilan lainnya dari usaha waralaba yang sudah ada itu.

Peluang bisnis waralaba, pasti ada untung dan rugi

Kalo kamu sudah paham tentang konsep bisnis waralaba dan kamu tertarik mengambil langkah untuk memulai bisnis ini. Jangan lupa dengan hukum alam tentang untung dan rugi dalam berbisnis. 

Artinya begini, keuntungan dapat kamu peroleh dari menjalankan peluang bisnis waralaba jika kamu menjalankan sistem bisnisnya dengan fokus dan serius. 

Namun perlu diingat, peluang bisnis waralaba juga berpotensi mendatangkan kerugian ketika kamu tidak sungguh-sungguh menjalankan bisnis waralaba dan terkesan menyepelekan, karena kamu beranggapan sudah adanya sistem bisnis yang dibangun oleh pemilik hak khusus waralaba itu.

BACA JUGA: MUSIK DAN PELUANG INDUSTRI KREATIF

Jadi poinnya, walaupun menjalankan peluang bisnis waralaba sudah ada sistem bisnis yang mengatur, namun kamu juga harus serius menjalankannya. Pembedanya adalah di bisnis waralaba kamu tidak memulai dari nol, karena secara strategi sudah diuji terlebih dahulu.

Tips memilih peluang bisnis waralaba

Kalo pengertian waralaba sudah kamu ketahui, resiko untung-rugi sudah kamu mengerti. Selanjutnya saya akan memberikan tips kepada kamu yang bingung mau milih bisnis waralaba. 

Sebagai info tambahan, sebenarnya tips memilih bisnis waralaba ini sudah saya bahas lengkap di artikel yang berjudul “5 TIPS MAKNYUS KULINER WARALABA.” 

Tapi gapapa deh, kita senggol tipis-tipis lagi di sini. Kayak gini tipsnya.

  1. Pilihlah jenis bisnis waralaba yang legal. Jika kamu sebagai investor yang akan membeli bisnis waralaba yang sudah ada, maka hal pertama yang harus kamu pastikan adalah tetekbengek tentang legalitasnya. Cek, apakah si waralaba tersebut sudah resmi atau belum.

    Karena poin legalitas ini sangat penting. Saran saya sih, kamu jangan mau memilih bisnis waralaba yang tidak terdaftar, soalnya sangat berisiko. 
  1. Perhatikan peluang dan modal. Selanjutnya kamu harus memperhatikan soal peluang. Misalnya kamu membeli bisnis waralaba jenis minuman, apakah peluang penjualannya bagus atau tidak. Nah,  kalo kamu sudah melakukan riset itu, selanjutnya tinggal mikirin masalah modal. Saran saya usahakan modal yang digunakan jangan ngutang ya. Dan belilah usaha waralaba sesuai dengan modal yang kamu mampu.
  1. Pahami konsep kerjasama yang ditawarkan. Ini juga merupakan tips yang penting. Artinya setiap usaha waralaba memiliki perjanjian dengan mitranya yang berbeda-beda, untuk itu sebelum kamu menandatanganinya pahami dulu konsep perjanjiannya.

Konsep kerjasama tersebut saling menguntungkan atau tidak. Intinya, kalo kamu bingung gimana cara memahaminya. Bisa kok, dikonsultasikan dengan dm akun saya.

Prinsipnya apapun bisnis yang kamu jalankan, keseriusan menjalankannya adalah kunci utama untuk memperoleh kesuksesan. Gak jauh beda kan sama konsep pacaran, kamu juga perlu keseriusan.

Perbedaannya jika pacaran dengan serius, maka banyak cuan yang terbuang. Sedangkan jika serius menjalankan peluang bisnis waralaba, malah banyak cuan yang kamu dapatkan.

Apalagi jika cuma pacaran doang, nikahnya kagak. Tambah nyesek gak tuh, hati ….

Mohsen Klasik
Mohsen Klasik
El Presidente

MEDSOS

ARTIKEL TERKAIT

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

DARI KATEGORI

Klikhukum.id