5 OOTD SIDANG DI PENGADILAN

Hari gini siapa sih, yang gak tau OOTD. OOTD adalah singkatan dari “Outfit of The Day” yang berarti pakaian yang sedang dikenakannya, dari aksesori hingga alas kaki pada hari itu. Mau ke kampus, ke kantor, setiap hari kita pasti mikirin apa ya OOTD yang cocok untuk hari ini. Gak terkecuali bagi advokat ataupun anak magang yang mau sidang di pengadilan. 

Style setiap orang sih, beda-beda ya. Misalnya aja kaya aku yang gak terlalu suka dengan style formal. Aku tuh, lebih suka style casual. Cuma bermodal jeans dan sepatu kets doang, udah deh PD pergi ke mana-mana. Cuma, saat-saat tertentu aku terpaksa pake baju formal, terutama kalo lagi ada sidang di pengadilan. 

Aku gak lagi ngeluh sih. Iya, iya aku tau, bahwa yang namanya advokat itu kudu tampil wow, biar meyakinkan. Meskipun gak harus berpenampilan kaya Bang Hotman Paris, setidaknya seorang advokat harus selalu tampil kece, karena first impression itu penting. Advokat kudu keliatan keren setiap saat. Nah, berhubung aku gak begitu suka berpakaian formal, maka aku harus prepare OOTD kalo lagi ada agenda sidang. 

Kamu penasaran apa aja OOTD yang wajib banget dipakai oleh seorang advokat pas lagi sidang di pengadilan. Nah, cekidot geeesss. 

Kemeja

Yupe, kemeja itu semacam item wajib untuk OOTD kalo mau sidang di pengadilan. Aku sih, lebih suka pake kemeja putih atau hitam polos, karena gampang dimachting-in dengan bawahan dan sepatu warna apa aja. 

Oh ya, biasanya ada aja orang yang gak suka pake kemeja putih karena mirip mahasiswa mau sidang skripsi alias pendadaran, hahahaha. Tapi gak usah worry asal pinter memadu padankan kemeja putih, tetap bakal keliatan keren kok. 

Dasi

Item selanjutnya yang harus dipake oleh seorang advokat cowo yang mau sidang di pengadilan adalah dasi. Yapp, ini item OOTD khusus cowo. Emang sih, gak semua hakim rese sama pakaian advokat yang mau sidang. Tapi gak ada salahnya, biar makin keren, advokat cowo menjadikan dasi sebagai OOTD-nya.

Btw, berdasarkan pengalaman aku, kalo lagi sidang di pengadilan agama, semua advokat cowo wajib pake dasi. Aku sering banget liat rekan advokat cowo yang diomelin hakim, karena sidang gak pake dasi. Pernah nih, suatu ketika ada seorang rekan advokat pake baju batik, lalu masuk ruang sidang pengadilan agama di daerah niitttt, eh sama hakimnya diomelin, terus disuruh pake dasi. Hahahaha, kebayang tak, gimana kira-kira wujud orang pake kemeja batik yang berdasi.   

Oh ya, dasi yang aku maksud itu, dasi panjang ya, bukan dasi kupu-kupu. Pastikan kemeja dan dasi yang kamu pake itu matching. Jadi jangan sampe milih motif dasi yang tabrakan dengan motif kemejanya yaaaa.

Blazer

Biasanya, aku suka pake blazer biar keliatan agak-agak formal gitu. Nah, buat advokat cewe ataupun cowo, aku rekomendasikan kalian pake blazer aja, gak usah pake jas. Alasannya sih simple, biar gak terlalu gerah tapi tetap keliatan formal. 

Btw, uda pada tau kan bedanya blazer dan jas? Jas itu biasanya terbuat dari bahan yang lebih kaku dan lebih mahal, sedangkan bahan blazer itu cenderung lebih tipis dan lembut. Jadi blazer itu keliatan lebih simple kalo dipake, gak terlalu terlihat formal.

Sepatu

Sepatu juga item wajib yang harus dipake sewaktu masuk ke ruang sidang. Kalo buat ciwi-ciwi sih, sepatu sandal masih diperbolehkan, tapi kalo buat cowo, sudah jelas harus pake sepatu beneran. 

Pinter-pinter aja mempadupadankan sepatu dengan item OOTD kamu. Buat ciwi-ciwi bisa pake wedges, stiletto, pump, boots, high heels, flat shoes atau sepatu jenis apapun, yang penting terlihat sopan dan matching.  

Sedangkan untuk cowo, kamu bisa memilih sepatu dengan berbagai model, misalnya seperti model oxford, derby shoes, brogue shoes, loafers, chelsea boots. Kalo kamu bingung menentukan jenis sepatu, kamu bisa chat mas Foxtrot yang hobi beli sepatu bagus. 

Toga

Selanjutnya, item OOTD yang wajib dipakai pas lagi sidang di pengadilan adalah toga. Ini toga advokat ya, bukan toga wisuda. Jelas bedanya. Toga ini wajib banget dipake kalo lagi sidang kasus pidana. Bukan cuma advokatnya, hakim dan jaksa juga wajib pake toga. FYI, yang selalu pake toga di ruang sidang dalam agenda sidang apapun itu ya, bapak dan ibu hakim yang mulia. Keren deh. 

Kewajiban untuk memakai toga dalam sidang pidana bagi hakim, jaksa dan penasihat hukum (advokat) diatur dalam Pasal 230 Ayat (2) KUHAP. Pasal tersebut mengatur bahwa di dalam ruang sidang, hakim, penuntut umum, penasihat hukum dan panitera wajib mengenakan pakaian sidang dan atribut masing-masing.

Selain itu kewajiban untuk memakai toga bagi advokat diatur juga dalam Pasal 25 UU No. 18 Tahun 2003 tentang Advokat. Pasal tersebut mengatur bahwa advokat yang menjalankan tugas dalam sidang pengadilan dalam perkara pidana wajib mengenakan atribut sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Jadi toga itu item wajib dimiliki para advokat.

Btw, kewajiban hakim, penuntut umum dan advokat untuk memakai toga dalam sidang perkara pidana dikecualikan dalam sidang perkara tindak pidana anak ya gaes. Jadi untuk menjaga psikologi anak, dalam sidang perkara anak baik hakim, penuntut umum, dan advokat gak ada yang pake toga. Hal ini jelas diatur dalam Pasal 6 PP 27/1983 Jo. Pasal 22 UU No. 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak.

Nah, itulah 5 item OOTD yang wajib kamu siapkan sebelum otw ke pengadilan. Yang jelas ke pengadilan itu pakaiannya harus rapi ya gaes. Nah, kira-kira di 2021 gimana ya, trend OOTD-nya? 

MEDSOS

ARTIKEL TERKAIT

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

DARI KATEGORI

Klikhukum.id