SUARAKU ADALAH KADO CINTA UNTUK TANAH AIR

Hari ini tanggal 14 Februari dunia sedang merayakan hari kasih sayang dan kamu mengawalinya dengan datang ke TPS, itung-itung kirim kartu valentine untuk Indonesia. Dan ini bukan cuma soal nyoblos dan nyelupin jari ke tinta ya, tapi lebih gimana kita sebagai warga negara ikut andil dalam menentukan nasib bangsa ke depan.  

Sesuai UU Pemilu No. 7 Tahun 2017, Pasal 198 sampai Pasal 200, intinya kalau kamu sudah cukup umur, berusia 17 tahun ke atas sudah atau pernah menikah, kamu punya hak buat ikutan memilih pemimpin yang bisa membawa perubahan positif. Kecuali kamu halodek ‘beruniform,’ karena ada aturan khusus soal nggak menggunakan hak pilih ini.  

Jadi buat kamu yang punya hak untuk ikut coblosan, congrats bisa gunakan kesempatan lima tahun sekali ini buat masa depan Indonesia yang lebih keren lagi. Jangan golput!  

Mungkin ada di antara kita yang mikir, “Ah, suara gue nggak akan mengubah apa-apa.” But… Coba deh, kamu pikir lagi, setiap suara itu penting. Bayangin kalo semua orang berpikiran kayak gitu, berapa banyak suara yang hilang sia-sia? Berapa banyak suara yang akhirnya disalahgunakan?  

BACA JUGA: GIMANA SIH, METODE DAN MEKANISME PENGHITUNGAN SUARA PEMILU 2024?

Sedangkan realita yang sudah-sudah nih, banyak suara di mana hasilnya ditentukan oleh selisih suara yang tipis-tipis banget.  Jadi jangan pernah underestimate the power of your vote, ya! 

So, gaes, jangan sampe skip momen ini. Kamu bisa berangkat bareng keluargamu, bareng bapak ibumu atau tetanggamu, kalau kamu dan pakde budemu satu daerah pilihan sekalian ajakin mereka berangkat bareng, jangan lupa minta maaf karena apa yang kamu lakukan di WA Grup keluarga beberapa hari lalu saat kamu mencoba menyadarkan bahwa pesan yang diserap mereka adalah pesan hoax. 

Dan bilang kalau alasan kamu memutuskan keluar dari grup WA keluarga adalah karena kamu tak tahan dengan itu semua.  Siapa tahu kan dengan kamu ngajakin barengan dan minta maaf, kamu bakal ditraktir bakso setelah pulang dari TPS 

Eh, iya, buat kamu yang jomblo bisa anggep ikut pemilu itu kayak lagi kencan. Datang tepat waktu, dandan yang menarik karena bidadari-bidadari dan cogan-cogan di daerahmu pasti keluar semua. Ajak kenalan, ngobrol dan berakhir duduk bersama sambil memegang kopi di antara kedua tanganmu, ihirr. 

BACA JUGA: MAKSUD PEMILU DUA PUTARAN ITU APA?

Intinya berpartisipasi dalam pemilu adalah wujud cinta kepada Indonesia yang paling konkrit, kayak wujud nyata cinta Indonesia. Cinta dengan segala kebaikan yang sudah Indonesia kasih ke kita, kecuali kebaikan mantan yah, cih! Nggak ada baik-baiknya dia mah!  

Nggak cuma sekedar bilang “Aku cinta Indonesia” di media sosial atau pas momen tertentu aja, tapi hari ini kita tunjukin lewat aksi nyata. Pilih pemimpin yang kita percaya bisa membawa Indonesia ke arah yang lebih baik dan meningkatkan kesejahteraan.  

It’s like, kita sedang berinvestasi untuk future yang lebih baik. 

Plus, dengan ikutan nyoblos, kita juga bisa ikut serta dalam memastikan bahwa nilai-nilai demokrasi tetap dijaga. Kita adalah orang-orang yang menjadi bagian dari sejarah, menjadi suara yang memastikan Indonesia tetap berjalan di jalur yang benar sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi. 

Keren kan, bisa jadi bagian dari sesuatu yang besar seperti itu. 

Kita punya power buat pilih siapa yang bakal ngatur rumah besar ini. Jadi jangan sampai salah pilih ya, pilihlah dengan bijak! 

Pundi Pangestu
Pundi Pangestu
Suka nasi padang.

MEDSOS

ARTIKEL TERKAIT

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

DARI KATEGORI

Klikhukum.id