10 AKTIVITAS WFH ALA FOXTROT

5 menit

Kali ini Foxtrot bakalan bikin tulisan untuk nemenin hari-hari kalian di rumah dalam rangka Work From Home, biar gak semakin merana dan gabut di tengah hantaman badai corona serta dalam rangka mentaati himbauan pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran penyakit corono itu ndes.

So jangan ngeyel dan merasa kebal sama corona, ente kebal kek superman pun masih bisa jadi carrier si virus untuk nularin ke orang-orang terkasih di sekitarmu. Emang kamu mau “dinaikin” (virus) tapi gak dibayar? Enak di dia gak enak di kamu tho ndes. Belum tentu juga simbahmu, ibumu, sodara perempuanmu ato anakmu di rumah juga sekebal dan sebebal kamu ndes.

Walopun kamu gak ke mana-mana, gak bisa ngopi dan kongkow bareng temen dan adek gemes, gak punya temen untuk mencurahkan hasrat (curhat) dan gak punya pasangan buat enak-enakan di musin hujan, tapi kamu gak usah khawatir ndes, karena kamu gak sendirian, alias banyak yang bernasib sama kayak kamu. Mas Pimred klikhukum.id misalnya. Bhahahahahaha, piss Mas PIMP aku bocahmu.

Buat kamu-kamu yang gak punya ide, otak mampet, IQ ndlosor kek kiper kena sleeding tackle, sini Foxtrot kasih pencerahan. Banyak hal yang bisa kamu lakuin di rumah sembari nungguin badai corona mereda, yah selain berimajinasi jorok kayak biasanya.

Inilah 10 kegiatan bermanfaat yang bisa dilakukan di rumah dalam rangka WTF :

Pertamax, work from home.

Sesuai namanya kamu bisa ngerjain kerjaan kantormu dari rumah dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Bisa online meeting bareng-bareng rekan kerja pake aplikasi Google Hangout, conference call pake Whatsapp, kirim-kirim dokumen pake email ato Google Drive. Kecuali pekerjaanmu itu menuntut kehadiranmu secara fisik di lokasi kerja, kayak maling misalnya, yang harus hadir secara fisik di lokasi target kerjaan. Eh, tapi maling jaman sekarang canggih juga og ndes. Pake aplikasi macam Tik-Tok ato Hago udah bisa mencuri hatimu dari jarak jauh. Eaaa.

Kedua, bebersih kamar kontrakan ato rumahmu ndes.

Jarang-jarang to tempat hunianmu dibersihin, kecuali mertua mau dateng ato gebetan mau numpang nginep pake alasan pintu gerbang kost udah dikunci, basi! Sekarang waktu yang pas, buang barang-barang gak kepake yang bisa buat markas induk virus, kuman, dan bakteri. Termasuk sisa tisu bau pandan akibat pertempuran dahsyat beberapa saat lalu. Kalo ada rejeki lebih, boleh juga benerin atap yang bocor,cat ulang tembok yang berjamur, garasi dibuat tingkat dan ruang tamu diberi tambahan basement yang anti serangan udara. Itu kontrakan apa safe house anggota CIA. Oiya, kalo ada teman, handai taulan maupun kolega yang masih ngotot maen ke tempatmu, segera kembalikan beliau Keharibaan-Nya.

BACA JUGA: WFH ALA SARJANA HUKUM

Ketiga, mencuci.

Nyuci baju, sprei, taplak, korden, sapu tangan, handuk, bed cover, selimut, celana dalem, dan beha temen yang ketinggalan. Cuci semua barang di rumahmu yang berbahan kain dan memang bisa dicuci, jemur lalu keringkan. Karena pada dasarnya segala macam virus, bakteri dan kuman sesungguhnya mati kena detergen. Jangan lupa kalo udah kering diangkat, ini musim hujan ndes ntar kehujanan basah lagi lho. Sekalian otakmu juga kalo mau dicuci juga boleh, biar gak ngeres terus.

Keempat, olahraga.

Ini waktu yang tepat untuk berolahraga dengan didampingi oleh personal trainer berpengalaman yaitu Youtube. Buka Youtube dan pilih olahraga yang bisa dilakukan di dalam rumah, bisa sendiri maupun bersama keluarga di rumah. Tentu saja pilih olahraga yang menarik dan gak ngebosenin ya gaes, contohnya Foxtrot selalu mantengin channel Youtube-nya sis Maria Vania yang mengulas dan memperagakan olahraga dalam ruangan dengan cara yang “menarik dan gak ngebosenin.” Jangan juga pilih olahraga sepak bola ato rugby di dalem rumah, bisa ambyar rumahmu ndes.

Kelima, belajar.

Mengembangkan diri, istilah kerennya personal development. Daripada gak ngapa-ngapain sebulanan ini mending belajar ndes. lumayan kalo berhasil ya jadi pinter, kalo enggak yah minimal ada kegiatan untuk ngisi waktu luang, karena sesungguhnya Tuhan menyukai orang-orang yang berusaha. Eh tapi inget, hal yang pertama harus kamu tanamkan sebelum ngelakuin pembelajaran dan pengembangan diri adalah kamu harus merasa bego. Dengan merasa bego dan tertinggal dari kolegamu yang lain, maka motivasimu untuk belajar jadi berlipat-lipat, gunakan energi balas dendam untuk melecut dirimu. Kamu ditempa agar menjadi pedang yang tajam dan berguna saat peperangan. Tapi kalo pas perang ternyata musuhmu pake bom nuklir yasudah, terima takdir apa adanya ndes.

Keenam, makan.

Makan yang teratur, jaga pola makan terutama makanan yang bergizi tinggi dan banyak serat. Jangan juga kamu makan carbon kevlar ndes, walopun berserat tinggi dan tahan hantaman, tapi itu bukan makanan. Jangan bego-bego banget lah. Inget harus makan, kalo gak kamu bakal mati kelaperan.

Ketujuh, minum.

Kalo yang ini gak usah dijelasin ya. Mosok pada gak ngerti pentingnya cairan di tubuh kita sih?

Kedelapan, istirahat.

Istirahat yang teratur, tidur yang cukup di waktu yang tepat. Ingat jam biologis manusia itu gak bisa ditipu maupun dituker, istirahat malem itu penting dan gak bisa diganti di lain waktu ndes. Karena tubuh punya mekanisme tersendiri ketika tidur di malam hari, kalo kamu kurang tidur pasti imunitas tubuh turun. Kalo imunitas udah turun pasti gampang terserang penyakit. Oiya, kalo udah tidur jangan lupa bangun.

BACA JUGA: APAKAH INDONESIA PERLU LOCKDOWN??

Sembilan, bermain.

Bermain bersama keluarga di rumah, selain menyenangkan juga dapat merekatkan hubungan keluarga. Kamu bisa melakukan permainan fisik ala anak-anak jaman dulu, yang bisa dilakukan di area terbatas biar gak usah keluar rumah. Kamu bisa maen bola bekel, maen kelereng di halaman ato maen catur lawan bapakmu. Bisa juga donwload game di playstore maupun IOS, maen game team work ato kalo punya banyak duit kek sultan ya langsung aja beli konsol game, ngerakit PC gaming standar dewa yang VGA-nya segede batako dan pake pendingin NoS cair. Kalo mau ngirit ya sewa PS dibawa pulang. Tapi jangan lupa dikembaliin ya ndes.

Sepuluh, berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing.

Kalo semuanya udah kamu lakuin, maka tinggal berdoa sebagai penutup usahamu. Karena sekuat apapun manusia berusaha dan berikhtiar, Tuhan jugalah yang menentukan semuanya. Bagi yang atheis, silakan diskip aja bagian ini.

Yokkk udah selesai, itulah 10 kegiatan bermanfaat yang bisa dilakukan di rumah menurut Foxtrot.

Setiap manusia pasti ingin sehat, seperti tercantum dalam pasal 28 H Ayat (1) UUD 1945 yang menyebutkan bahwa “setiap orang berhak hidup sehat sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan.” Hal itu diperkuat oleh UU No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan tepatnya Pasal 1 yang mengatakan “Kesehatan adalah keadaan sehat, baik secara fisik, mental, spritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis.”

Jadi gak cuma kamu aja ndes yang pengen sehat, orang lain pun sama pengennya kek kamu. So patuhi anjuran pemerintah untuk tetap di rumah dan jangan ke mana-mana.

Inget, selalu jaga kebersihan diri, lakukan social distancing, stay at home bagi yang punya home. Tetap sehat tetap berkarya, karena hasrat adalah koentjik !!!

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!