KASUS PELECEHAN DI WARUNG KOPI

Akhir-akhir ini marak banget berita kasus pelecehan terhadap perempuan. Terheboh Gofar Hilman dan Rian D’masiv diduga melakukan pelecehan seksual. Oh ya, ada juga pelecehan viral yang terjadi di salah satu warkop yang terekam CCTV.

Jadi begini kejadiannya guys. Salah seorang pemilik warkop mendapat laporan dari pegawainya, katanya di warkopnya terjadi sebuah keributan. Lalu si pemilik warkop mencoba mengeceknya dari CCTV dan terbukti benar ada kegaduhan, yang disebabkan oleh sekelompok cowok-cowok yang ngopi di warung kopi tersebut.

Jadi kronologinya begini, saat itu ada seorang cewek datang ke warkop. Awalnya cuma beli es teh, tapi tiba-tiba ada cowok yang nyamperin buat ngegodain. Awalnya siul-siul, tapi kok lama-lama ngecolek cewek yang lagi beli es teh tadi. 

Lanjut tuh, cewek ngelawan dong buat ngebela diri, tapi cowok tadi malah makin agresif mau nyerang. Untungnya ada cewek lain yang tiba-tiba dateng dan langsung ngehajar tuh cowok. Tapi si cowok yang dihajar tadi,  malah bawa temen dan makin hebohlah keributannya. 

Ternyata si cewek yang nolongi tadi jago bela diri, dihajarlah langsung tuh cowok-cowok. Terus cewek yang beli es teh tadi, diajak pergi sama cewek yang jago bela diri. Akhirnya si pemilik warkop ngeshare rekaman CCTVnya. Tujuannya sih, bukan buat mencari popularitas. Tujuannya cuma buat memberitahu para cewek-cewek, agar selalu waspada dan hati-hati.

Buaya darat makin menggila. Jadi kalo bisa sih, cewe-cewe harus tau cara untuk bela diri dasar atau kalo memang mau pergi ke daerah yang rawan, usahakan jangan pergi sendiri. 

Menurutku sih, hal-hal seperti ini mungkin banget terjadi, gak pilih-pilih tempat dan korban. Gak cuma cewek-cewek yang bajunya ketat atau bajunya sepotong, tapi cewek-cewek yang bajunya sopan pun mungkin banget ketemu cowok mesum begitu.  

Emang susah deh, jadi cewek. Jelek dibully, cantik digodain.

Oh iya guys, perbuatan colek-mencolek alias meraba-raba kek gitu tuh, dalam hukum pidana Indonesia termasuk pencabulan loh. Jadi perbuatan cabul atau pelecehan seksual adalah perbuatan yang melanggar rasa kesusilaan atau perbuatan lain yang keji dan semuanya dalam lingkungan nafsu berahi kelamin misalnya, cium-ciuman, meraba-raba anggota kemaluan, meraba-raba buah dada dan sebagainya.

Sebaiknya para korban pencabulan segera melaporkan perbuatan tersebut kepada pihak yang berwajib, biar pelakunya kapok. Sanksi hukumnya jelas kok.

 Yups, sanksinya diatur dalam Pasal 289 KUHP yang bunyinya sebagai berikut.

“Barangsiapa dengan kekerasan atau ancaman kekerasan memaksa seseorang melakukan atau membiarkan dilakukannya perbuatan cabul, dihukum karena melakukan perbuatan yang menyerang kehormatan kesusilaan dengan pidana selama-selamanya sembilan tahun.”

Itu khusus untuk korban dewasa ya, kalo korbannya anak, ya jelaslah bisa kena UU Perlindungan Anak. Sanksi hukumnya juga serem tau, gak kaleng-kaleng.

Sebenernya aku berharap sanksi pidana untuk pelaku pelecehan seksual ini lebih tinggi lagi, biar cowok-cowok mesum gak merajalela. Bukankah sejatinya perempuan itu harus dilindungi, bukan disakiti, apalagi dilecehin. 

Oh iya, buat para perempuan-perempuan di luar sana pliss, gak usah pergi ke tempat yang sepi atau tempat-tempat yang gak aman. Semisal kalian mau nongki-nongki, ya cari aja cafe yang aman yang banyak cewek-ceweknya juga, jangan masuk kandang buaya. Hahaha. 

Terus, kalo pulang malem gak usah lewat jalan yang sepi. Daripada kalian kenapa-kenapa, nggak ada yang nolongin. Yakan? Yaudah deh, gitu dulu cerita kita hari ini. Sampai jumpa minggu depan yaaa. 

MEDSOS

ARTIKEL TERKAIT

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

DARI KATEGORI

Klikhukum.id